Minggu, 15 Mei 2016

Weekly Report 21/5/2016 - Luthfi Kurnia Putra

    Untuk minggu ini, secara progress sebenarnya sangat sedikit yang saya sudah kerjakan. Beberapa diantaranya kebanyakan adalah untuk belajar hal-hal baru yang belum saya ketahui sebeleumnya. Untuk minggu ini sendiri, saya fokus untuk mengerjakan fitur notifikasi dari aplikasi kami. Setelah saya coba mengerjakannya agak lebih dalam. Ternyata banyak sekali kesulitan-kesulitan yang muncul pada tahap implementasi.
   Jika saya ditanya, apakah saya dapat memunculkan notifikasi? Ya tentu saja, akan tetapi ada masalah yang cukup serius di bagian timing dari aplikasi tersebut. Entah kenapa, setiap kali saya membuat notifikasi untuk muncul pada suatu jam dan menit tertentu. Notifikasi tersebut akan muncul sangat terlambat (Bisa telat 2-3 menit dari waktu yang seharusnya). Hal ini yang masih saya ingin betulkan saat ini.
   Untuk masalah yang kemarin, mengenai Software Profiling. Sebenarnya saya sendiri sudah mempelajari ini sejak minggu lalu. Untuk beberapa referensi yang diminta mengenai Software Profiling yang sudah saya sebutkan kemarin bisa dilihat di sini. Disitu terdapat link-link yang menjelaskan proses-proses profiling default yang Android miliki. Kebanyakan dari profiling process tersebut hanya memerlukan seperangkat Android atau paling jauh dengan Android Studio. Tak terlalu banyak software yang dibutuhkan (karena memang default).
    Beberapa Default Profiling yang sudah saya baca ada dua. Yaitu GPU Overdraw dan GPU Rendering (karena menurut saya ini juga yang paling mudah dan praktis untuk dipraktekkan langsung). Untuk Overdraw sendiri, intinya, adalah mengukur seberapa banyak device harus menggambar sebuah 'layer' dari view aplikasi. Semakin banyak layer yang harus digambar, maka akan semakin merah tampilannya dilayar. Untuk layar yang sedikit digambar, warnanya akan cenderung menjadi biru.
   Untuk Rendering, secara singkat, adalah tools untuk mengukur seberapa cepat sebuah 'view' di dalam page di-render pada layar. Semakin lama, maka grafiknya akan semakin tinggi. Kecepatan render ini juga sangat berpengaruh kepada efisiensi penggunaan layer. Semakin banyak layer yang di-stack/ditumpuk, maka akan semakin lama untuk di-render. Secara tidak langsung, jika hasil Profiling Overdraw-nya baik. Maka hasil Profiling untuk Rendering juga akan baik.
   Kemudian, sekedar untuk informasi tambahan saja. Berikut adalah sumber yang saya pakai kemarin untuk me-review design saya. reviewDesignLink
   Sekian dulu dari saya, semoga informasi minggu ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Selamat Malam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar